25 Makanan Aneh Asli Kuliner Indonesia

25 Makanan Khas Aneh yang Berkhasiat di Indonesia - Sejauh ini pasti sobat sekalian mengira bahwa makanan atau kuliner yang ada di indonesia biasanya berkutat dari bahan-bahan seperti ayam, daging, telur, sayur dan sebagainya yang biasa dijadikan masakan dan disantap oleh orang indonesia. Bahkan makanan khas dan juga trdisional di berbagai pulau dan daerah di indonesia berbahan dasar sama dan tak jauh dari bahan yang kami sebutkan tadi.

Taukah kalian, ternyata selain bahan yang biasa digunakan sebagai olahan masakan tersebut masih banyak bahan makanan yang sangat aneh dan jarang kita dengar, bahkan bagi sebagian orang makanan tersebut terbilang ekstrim dan menjijikkan. Namun di negara kita benar-benar ada makanan dari bahan yang aneh dan tak lazim dimakan manusia. Fakta yang berbicara, kalau ternyata di indonesia banyak terdapat makanan atau kuliner ekstrim yang konon rasanya sangat enak dan juga menyehatkan bahkan tak sedikit yang dijadikan obat alternatif untuk penyakit yang sulit diobati seperti kanker dan sebagainya.

Karena berasal atau berbahan dari hewan-hewan aneh pantas saja makanan tersebut terdengar asing dan aneh bahkan ada orang yang begitu melihatnya saja sudah merasa mual dan jijik. Tetapi bagi sobat sekalian pecinta kuliner nusantara khususnya makanan yang aneh dan bikin penasaran, sobat perlu sekali untuk mencoba mencicipinya. Bagi orang jaman dulu tak asing dan tak aneh menyantap makanan-makanan yang dianggap ektrim bagi orang modern sekarang ini. Lalu apa saja makanan aneh dan ekstrim itu? Kami akan uraikan nanti.

Kami sudah berhasil merangkum makanan tersebut dari berbagai sumber baik sumber tertulis maupun narasumber atau orangnya langsung dari berbagai daerah di nusantara ini. Jika sobat ingin dan penasaran untuk mencicipinya bisa datang ke daerah tersebut atau mungkin bisa membuatnya sendiri kalau memang bahannya ada. Soal halal dan haramnya, kami tidak mengetahuinya dengan pasti semua makanan yang ada tetapi memang ada beberapa yang pasti haram dan sobat sebaiknya mencicipi yang halal saja. Langsung saja yuk daripada penasaran kita simak saja uraian berikut.

25 Makanan Aneh Asli Kuliner Indonesia:
  1. Jangkrik Goreng
  2. Jangkrik adalah sejenis serangga yang hidup di dalam tanah dan memakan segala macam tumbuhan. Di beberapa daerah terutama daerah gunung kidul Jogjakarta menjadikan hewan ini sebagai santapan atau camilan yang bergizi. Meskipun terlihat sedikit menggelikan tetapi rasa dari jangkrik goreng ini cukup lezat dan gurih. Khasiatnya pun tak main-main karena jangkrik goreng ini mengandung banyak protein hewani dan punya segudang manfaat bagi tubuh kita seperti sumber protein tinggi, menambah stamina dan vitalitas, obat awet muda, baik untuk pertumbuhan anak dan sebagainya. Jaman dulu orang-orang sering mengkonsumsi makanan ini bahkan sampai sekarang pun banyak yang memanfaatkan dan menjualnya.
    Jangkrik Goreng

  3. Bothok Tawon
  4. Botok biasanya dibuat dengan bahan ikan teri, petai cina, jamur, ayam, tempe dan sebagainya, namun botok yang satu ini agak aneh yaitu botok tawon. Terbuat dari tawon yang masih berbentuk larva dan masih ada di dalam sarang. Sebelum dibikin botok, larva tawon ini direbuas terlebih dahulu agar lilin yang ada disarangnya hilang dan terpisah dari larvanya. Makanan ini juga tak kalah dengan makanan bergizi lainnya bahkan sumber proteinnya termasuk sangat tinggi. Makanan ini bisa sobat jumpai di daerah banyuwangi, disana makanan ini sangat populer dan menjadi makanan khas.
    Botok Tawon

  5. Ulat Sagu
  6. Ulat Sagu adalah makanan khas Papua dan Nusa Tenggara Barat (NTB), ulat ini sebenarnya adalah bentuk larva sebelum bermetamorfosis menjadi kumbang, banyak ditemukan di pohon sagu yang telah mati atau bisa juga dipohon kelapa yang sudah mati. Bagi sebagian orang pastinya ulat ini terlihat menjijikan namun dibalik itu tersimpan nilai gizi yang tiada tara. Ulat sagu mengandung protein tinggi, asam amino esensial, metionin, lisin dan sebagainya yang sangat amat dibutuhkan oleh tubuh kita. Biasanya ulat ini dimasak dengan cara dibakar atau dibumbu balado pedas atau bahkan ada yang memakan ulat ini secara langsung dalam keadaan mentah dan hidup sebagai jamu dan obat kuat. Konon ulat sagu ini terkenal sampai ke belanda karena rasanya yang enak, manis, gurih dan lezat serta khasiat dan nilai gizinya memang yang terbaik. hayo..gimana menurut sobat, apakah mau mencicipinya?hehe
    Ulat Sagu

  7. Sate Kalajengking
  8. Dibeberapa daerah di indonesia ternyata masih ada yang menyantap hewan paling berbisa ini, biasanya kalajengking diolah dengan cara dibakar atau digoreng, katanya kalau hewan ini sudah dioreng atau dibakar tidak lagi beracun. Sate kalajengking sangat terkenal di negara thailand dan china, disana sangat populer sekali karena selain rasanya yang enak dan gurih, kalajengking bisa dijadikan obat dan justru ekornya adalah bagian yang paling bergizi. Hmm, ternyata dibalik wujudnya yang menyeramkan, kalajengking bisa dijadikan makanan lezat dan bergizi.
    Sate Kalajengking

  9. Sate Biawak
  10. Makanan ekstrim selanjutnya adalah sate biawak. Biawak adalah binatang reptil yang sering hidup di daerah rawa, hewan ini mirip dengan buaya tetapi hidupnya di darat. Ternyata daging biawak diklaim bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti gatal-gatal, sesak napas, menghaluskan kulit, menambah stamina atau daya tahan dan sebagainya. Karena khasiatnya yang luar biasa itu, daging biawak banyak yang dikonsumsi dan bahkan banyak yang menjual sate biawak di kios-kios di seluruh indonesia. Rasanya sangat nikmat bahkan lebih nikmat daripada sate ayam maupun sate kambing pada umumnya. Namun sobat harus tau bahwa daging biawak ini ternyata juga ada efek buruknya yaitu jika pengolahannya kurang matang atau tidak tepat maka daging biawak yang ada cacing gelangnya akan berbahaya bagi tubuh manusia, jadi memang harus hati-hati dalam mengolahnya.
    Sate Biawak

  11. Ulat Sutera Panggang
  12. Ternyata selain berguna dalam menghasilkan sutera, ulat sutera ini juga bisa dimanfaatkan sebagai camilan lho. Konon ulat sutera ini juga mengandung banyak gizi seperti protein tinggi apalagi saat ulat sutera ini menjadi kepompong. Selain dikonsumsi biasa, di beberapa negara terutama korea, ulat ini dijadikan obat yang sangat terkenal di dunia yaitu obat shinshe yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Dibeberapa daerah di indonesia ada yang mengkonsumsinya dan mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan dan camilan, diantaranya adalah Ulat sutera panggang. Rasanya sangat enak dan gurih dan juga ada rasa manisnya. Gimana, apakah sobat tertarik dengan kuliner ini?
    Ulat Sutera Panggang

  13. Rica-Rica Landak
  14. Masakan ini ternyata tak kalah dengan masakan sate berbahan dasar hewan ekstrim lainnya karena di indonesia sudah banyak sekali yang menjual sate landak ini, khususnya di daerah sragen. Makanan ini memang tak begitu ekstrim tetapi daging landak ternyata punya khasiat yang luar biasa, terutama bisa meningkatkan vitalitas pada pria. Selain Rica-rica, daging landak juga biasa dibuat tongseng dan juga sate, kelebihan dari daging landak adalah dagingnya lunak dan empuk, tekstur lembut dan juga tidak berbau apek. Jika sobat penasaran dengan rasa rica landak ini bisa datang ke beberapa daerah di jogjakarta atau jawa tengah dan di daerah sragen, solo dan sekitarnya.
    Rica Landak

  15. Sup Plasenta Menjangan
  16. Makanan ini juga cukup ekstrim, Sup Plasenta Menjangan, mendegarnya saja tidak terbayang akan jijiknya, tetapi masakan ini konon bisa meningkatkan stamina dan awet muda bagi yang memakannya. Apakah kebenaran itu memang bisa dipertanggungjawabkan atau tidak, tidak ada yang tau. Soal rasanya konon plasenta menjangan ini terasa enak, gurih dan lembut karena berasal dari tali pusar atau plasenta dari bayi menjangan yang seharusnya dibuang ketika baru lahir. Masakan ini memang sangat jarang dijumpai dan yang pasti masakan ini memang ada di indonesia khususnya di suku pedalaman.
    Sup Plasenta Menjangan

  17. Laba-laba Goreng
  18. Makanan ini adalah makanan yang cukup ektrim di indonesia bahkan di dunia, laba-laba yang terkenal beracun dan wujud yang menggelikan ini ternyata bisa dijadikan santapan. Selain di indonesia, laba-laba goreng sangat terkenal di negara kamboja bahkan disana makanan ini sudah dianggap biasa dan menjadi makanan khas. Disana terdapat laba-laba dengan ukuran tak lazim yaitu seukuran telapak tangan manusia yang sering dikenal dengan nama tarantula yang sangat berbisa, tak heran kalau disana laba-laba dijadikan sebagai santapan sehari-hari. Apakah sobat berani mencicipinya?hehe
    Laba-laba Goreng

  19. Lawar Bali
  20. Nama makanan ini terdengar tidak begitu ekstrim, tetapi jika sobat tau apa bahan untuk membuatnya maka akan merasa mual dan jijik mendengarnya. Namun makanan ini cukup terkenal di daerah bali dan bahkan dijadikan sebagai makanan khas disana. Lawar bali terbuat dari daging babi, darah babi yang masih segar dan juga parutan kelapa dan bumbu khas bali. Hmm, benar-benar ekstrim sekali makanan ini, apalagi menggunakan darah babi yang masih segar, cukup terkesan menjijikkan. Disana makanan ini banyak dijual di warung dan tempat makan khususnya yang menjual masakan ektrim seperti sate hewan yang tak lazim seperti buaya, ular dan sebagainya. Sayangnya bagi umat muslim, makanan ini haram untuk disantap. Sobat yang muslim kalau penasaran bisa menyantap lawar ayam karena bahannya dari daging ayam dan tidak memakai darah segar untuk campurannya.
    Lawar Bali

  21. Testis Kambing
  22. Makanan ini sering kita jumpai di mana-mana bahkan di indonesia sudah banyak yang dijual di supermarket. Testis kambing, kedengarannya memang cukup aneh dan menggelikan tapi apakah sobat tau kenapa banyak orang sering menyantap makanan ini? Testis kambing konon dianggap oabt kuat atau jamu untuk meningkatkan libido dan gairah diranjang. Kebanyakan testis kambing atau sering dikenal dengan torpedo kambing ini tidak dimasak atau digoreng namun dimakan langsung dengan sekali telan agar hormon testosteron yang terkadnung di dalamnya tidak hilang.
    Testis Kambing

  23. Otak Babi
  24. Bagi masyarakat muslim, babi adalah binatang yang haram dimakan karena selain perilakunya yang jorok serta kotor konon daging babi mengandung cacing parasit yang merugikan. Apa jadinya kalau otak babi dimasak menjadi masakan ya? kedengarannya saja sudah menjijikkan apalagi menyantapnya. Tetapi bagi sebagian orang babi adalah bahan makanan terlezat, baik daging, darah, gajih ataupun otaknya. Tak heran kalau minyak babi sering dijadikan sebagai bahan penyedap berbagai jenis masakan.
    Otak Babi

  25. Telur yang Hampir Menetas
  26. Coba sobat bayangkan kalau telur yang sudah menjadi embrio dan bahkan hampir menetas ini dijadikan makanan, tentu sangat menjijikkan. Tampilan luarnya memang berupa telur tetapi saat dibuka isinya pasti justru malah membuat sebagian orang kehilangan nafsu makannya. Tetapi di sebagian daerah khususnya negara filiphina ada yang memasaknya menjadi santapan dengan cara direbus dan diberi beberapa bumbu. Konon dengan memakan telur ini bisa mendongkrak stamina menjadi luar biasa.
    Telur Hampir Menetas

  27. Penis Banteng
  28. Makanan yang satu ini juga cukup ekstrim, bagaimana tidak, penis banteng untuk sebagian besar orang saja sudah aneh ketika mendengarnya, lalau bagaimana bisa dijadikan makanan. Meskipun namanya agak tabu namun penis banteng dipercaya mempunyai khasiat yang luar biasa dalam meningkatkan libido dan gairah bercinta. Makanan ini banyak mengandung testosteron yaitu hormon untuk meningkatkan gairah seks. Makanan ini sangat terkenal juga di negara china, disana bahkan ada restoran khusus yang hanya menyajikan berbagai masakah dari penis berbagai hewan termasuk penis banteng bahkan sekarang disupermarket juga sudah dijual penis banteng ini dalam kemasan.
    Penis Banteng

  29. Kecoa Goreng
  30. Hewan yang satu ini biasa hidup ditempat kotor dan kumuh serta merupakan lambang dari kejorokan, tetapi ternyata ada juga yang menjadikannya sebagai camilan atau makanan yang konon rasanya sangat gurih dan enak. Bagi sebagian besar orang pasti jijik saat mendengarnya saja apalagi kalau melihatnya dalam keadaan masih hidup dan digoreng. Makanan kecoa goreng ini banyak dibikin camilan di daerah thailand, soal kandungan gizinya entah apakah banyak khasiatnya atau tidak, berbeda dengan belalalng, jangkrik dan ulat yang banyak mengandung protein dan zat gizi.
    Kecoa Goreng
  31. Belalang Goreng
  32. Kalau makanan yang satu ini memang sudah tidak asing lagi, bahkan di indonesia sudah cukup terkenal tepatnya di daerah gunung kidul jogjakarta. Disetiap jengkal dipinggir jalan pasti ada orang yang menjual makanan ini. Biasanya belalang digoreng dengan beberapa macam bumbu yaitu ada yang asin, manis dan juga pedas atau kombinasi rasa ketiganya. Makanan ini cukup terkenal karena rasanya yang gurih dan juga khasiatnya yang baik bagi tubuh kita. Sama halnya dengan jangkrik goreng, belalang goreng ini juga mengandung banyak protein hewani yang cukup tinggi, cocok dijadikan camilan atau dibuat lauk bersama nasi putih.
    Belalang Goreng

  33. Sate Kuda
  34. Kuliner yang satu ini tidak terlalu ekstrim sih, mungkin diantara sobat sekalian pasti mau mencicipinya kalau memang tersedia. Sate Kuda ini banyak ditemui hampir diseluruh daerah di indonesia, khususnya daerah jawa dan jogjakarta banyak sekali yang menjual sate kuda. Sate kuda ini sangat besar dan beragam manfaatnya, diantaranya bisa mengobati asma, disamping itu khasiat daging kuda yang paling terkenal adalah sebagai obat kuat. Konon patih gajah mada yang terkenal kuat itu setiap harinya memakan daging kuda.
    Sate Kuda

  35. Sate Buaya
  36. Makanan ini lumayan ekstrim, namun kalau sudah diolah menjadi sate maka tampilan dan rasanya sangat gurih dan lezat. Jika sobat tidak mengetahuinya kalau itu daging buaya pasti sobat akan menghabiskan masakan satenya. Seperti halnya daging kuda, daging buaya juga dipercaya berkhasiat untuk obat kuat dan menaikkan libido pria. Tak jarang banyak kedai yang berjualan sate ekstrim ini dan salah satu yang paling terkenal dengan sate buayanya adalah daerah samarinda, kalimantan Timur.
    Sate Buaya

  37. Rempeyek Laron
  38. Sobat pasti tau kan laron? Ya, hewan yang hidup berkelompok di dalam tanah dan biasa keluar pada saat musim penghujan ini sering dijadikan makanan atau camilan. Disaat musim penghujan tiba, pasti setiap pagi banyak sekali laron-laron beterbangan dan pasti teringat masa kecl yang sering menunggui lubang tempat keluar masuk laron. Laron bisa dijadikan makanan dengan cara digoreng biasa atau dijadikan rempeyek, rasanya sangatlah gurih dan renyah. Laron tidaklah semenjijikan kecoa, jangkrik, belalang dan sejenisnya karena hewan ini sangat kecil sehingga tidak tertalu terlihat saat dibuat menjadi peyek. Konon laron juga mengandung banyak protein hewani, tapi sobat harus ingat karena proteinnya sangat tinggi terkadang ada yang alergi atau gatal-gatal apabila memakannya terlalu banyak.
    Rempeyek Laron

  39. Sate Bekicot
  40. Sate Bekicot adalah makanan yang sudah sangat terkenal di indonesia bahkan permintaan akan bahan bekicot ini semakin tinggi namun sayangnya sekarang cukup susah untuk mendapatkan bekicot dalam jumlah besar karena hewan ini sudah terdesak keberadaanya. Bekicot yang dulunya dianggap sebagai hama tanaman, sekarang justru malah banyak dicari, karena daging bekicot ini sangat cocok dijadikan sate. Kandungan gizinya pun tak main-main karena daging bekicot ini banyak mengandung protein dan sedikit mengandung lemak. Beberapa khasiat daging bekicot diantaranya adalah menyembuhkan asma, baik untuk perkembangan otot, mengobati TBC, gatal-gatal dan meredakan panas dalam.
    Sate Bekicot

  41. Kelelawar Goreng
  42. Makanan ini begitu ekstrim karena terbuat dari daging kelelawar atau orang jawa sering menyebutnya codot. Kelelawar yang sering digoreng ini bukan kelelawar pemakan serangga dan penghisap darah namun kelelawar buah yang sering nempel di buah yang sudah matang pada malam hari. Rasa dari daging kelelawar ini sungguh nikmat dan gurih, selain itu daging codot juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti asma, gatal-gatal dan juga bisa menambah stamina. Daerah yang paling terkenal akan codot goreng nya adalah daerah jogjakarta. Disana banyak kedai yang menjual kelelawar goreng ini dan harganya pun cukup fantastis.
    Kelelawar Goreng

  43. Tikus Panggang
  44. Wah, makanan yang satu ini benar-benar ekstrim dan aneh, tikus yang biasa hidup di got dan ditempat-tempat kotor ternyata bisa juga dijadikan makanan. Tentu kalau sobat melihat wujudnya saat sebelum digoreng pasti sobat akan jijik melihatnya, bahkan mendengar namanya saja sudah kehilangan nafsu makan. Tetapi ada beberapa daerah di indonesia yang justru memanfaatkan hewan yang biasanya dianggap hama ini, bahkan presiden jokowi sendiri pernah ditawari makan tikus panggang ini oleh penduduk setempat. Tikus yang biasa dijadikan makanan biasanya dari jenis tikus sawah, konon tikus sawah ini mempunyai rasa daging yang gurih dan lezat.
    Tikus Panggang

  45. Tokek Goreng
  46. Makanan yang satu ini tidak kalah ekstrim dan aneh. Tokek adalah sejenis cicak besar yang biasa hidup di pepohonan tua yang berlubang atau bisa juga di atap rumah. Meskipun tokek ini terlihat aneh dan menjijikkan namun tak sedikit yang memanfaatkannya sebagai makanan atau lauk. Konon daging tokek ini punya manfaat yang cukup besar dan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti asma, asam urat, gatal-gatal bahkan konon bisa mengobati penyakit mematikan seperti HIV. Bagi sobat pecinta kuliner tak lengkap kalau sobat tidak menantang diri untuk mencoba masakan aneh yang satu ini.
    Tokek Goreng

  47. Jus Cacing Tanah
  48. Makanan ektrim selanjutnya adalah jus cacing tanah yang konon merupakan obat yang sangat mujarab bagi penderita tifus, dan banyak sekali dijadikan kapsul dan dijual di apotek serta toko obat. Selain sebagai obat tifus, cacing tanah juga masih mempunyai segudang manfaat lainnya seperti mengobati demam, liver, diabetes, jantung, darah tinggi dan masih banyak lagi. Kalau dikemas sebagai obat memang cacing tanah masih bisa kita toleransi tapi kalau dijadikan bahan makanan atau bahkan dijadikan jus pasti tidak semua orang mampu meminumnya. Kesannya saja cukup jijik apalagi menyantapnya langsung.
    Jus Cacing Tanah

  49. Sate Ular Kobra
  50. Makanan aneh dan ektrim yang terakhir adalah sate ular kobra. Kalau yang satu ini memang sudah tidak asing lagi dan sudah sangat terkenal. Selain terkenal dengan khasiat empedunya , semua bagian tubuh sampai darah ular kobra sangat dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, bahkan sampai 72 macam penyakit ringan sampai berat bisa diobati dengan ular kobra ini. Hewan yang terkenal paling berbisa ini bahkan sampai dijadikan simbol obat atau lambang apotik saking terkenalnya. Nah, apakah sobat pernah mendengar sate ular kobra? sate kobra yang konon terkenal akan khasiatnya ini sekarang banyak sekali dijajakan di warung sate, sobat bisa menemukannya hampir di seluruh daerah di indonesia.
    Sate Ular Kobra
Demikianlah 25 macam makanan khas yang paling aneh dan ekstrim di indonesia. Sebenarnya masih banyak sekali makanan aneh dan ektrim yang ada di negara kita tetapi kami ambil 25 macam saja yang menurut kami sudah cukup ekstrim. Makanan-makanan tersebut memang terkesan cukup menjijikan namun dibalik tampilannya itu tersimpan khasiat dan obat yang langka untuk ditemui bahkan hewan yang paling berbisa dan mematikan sekalipun ternyata bisa dijadikan obat. Sekian uraian dari kami, jika ada deskripsi yang kurang berkenan, kami mohon maaf dan terimakasih sudah berkunjung ke blog kami.
Baca Juga: 11 Nama Makanan Khas Unik Di Indonesia.

No comments:

Post a Comment