Resep Balado Terung Telunjuk Khas Medan yang Enak dan Lezat

Resep Balado Terung Telunjuk Khas Medan yang akan kami bagikan resepnya adalah masakah khas medan yang menggunakan bahan dasar terung sebagai bahan utamanya. Setelah kami sajikan Resep Botok Tempe yang enak, kali ini kami akan membagikan resep yang tak kalah enak dan praktis yaitu resep balado terung khas medan. Seperti halnya jenis terung hijau atau ungu lainya, terung medan sama saja namun biasanya terung medan hanya sebesar telunjuk makanya disebut terung telunjuk. Sajian balado terung telunjuk memang sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat medan, rasanya yang khas dengan bumbu balado ala medan ini memang patut dicoba dirumah. Rasa pedas dalam balado terung telunjuk ini membuat lebih nikmat untuk masakan yang satu ini. Inilah resep balado terung telunjuk yang kami bagikan.

Balado Terung Telunjuk
Bahan yang diperlukan:
  • 500 gr terung telunjuk/medan, kalau tidak ada bisa menggunakan terung hijau atau ungu
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 ml air
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu yang diperlukan:
  • 2 buah tomat merah besar, dipotong sesuai selera
  • 1 sdm air jeruk nipis
Bumbu halus:
  •  1 ons cabe merah segar
  • 6 butir bawang merah
  • Garam secukupnya
Cara Memasaknya:
  1. Cuci sebentar terung telunjuk kemudian kerat membujur setiap terung. Rendam terung telunjuk ke dalam air garam agar warnanya tidak berubah menjadi coklat, tiriskan.
  2. Siapkan minyak goreng untuk menggoreng, goreng terung hingga matang, tiriskan.
  3. Letakkan terung yang sudah digoreng tadi ke atas tempat saji atau piring.
  4. Panaskan 5 sdm minyak dan masukkan tomat yang sudah dilumatkan agak hancur, kemudian masukkan gula pasir dan air jeruk nipis, aduk rata dan masak hingga mendidih.
  5. Tuangkan saus yang sudah dibuat ke atas terung tadi , sajikan dengan nasi putih hangat.
Hmm, mudah bukan? Para pembaca bisa langsung mempraktekkanya ya. Bahan dan bumbunya tidak terlalu sulit, cara membuatnya juga mudah dan praktis namun tentunya rasanya tidak kalah dengan yang ada di warung-warung medan karena makanan ini termasuk masakan rumahan yang mudah dibuat dan juga enak dan lezat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami, saran untuk resep kami yang lainya bisa dilihat di menu blog kami.

No comments:

Post a Comment